Moderator : Ratih Sasmita, S. E.i
Pemateri : Ririn Marina Sari, S.P.si
Bismillaah...
Assalamu'alaykum Wr. Wb.
Materi yang akan saya sharing hari ini bertema "Peta
Jalan Pembangunan Kelautan Perikanan Menuju Indonesia sebagai Poros Maritim
dunia".
Intermezo..
Wilayah NKRI terdiri dari 25% daratan (1,9 juta KM2) dan 75%
lautan (5,8 juta KM2), Artinya potensi ekonomi kelautan perikanan Indonesia
lebih besar dibanding potensi ekonomi daratan jika digarap secara optimal. Jumlah
pulau 17.504, terdaftar di PBB 13.466 pulau Indonesia memiliki garis pantai
terpanjang ke 4 di dunia Dan merupakan Negara Bahari dan Kepulauan terbesar di
dunia...
Dalam pengoptimalan Sumberdaya kelautan kita mengenal dengan
"Marine Economy" Marine Economy adalah semua kegiatan ekonomi yang
berlangsung di wilayah pesisir dan lautan, dan kegiatan ekonomi di darat (lahan
atas) yang menggunakan SDA dan jasa jasa lingkungan kelautan untuk menghasilkan
barang dan jasa (goods and services) yang dibutuhkan umat manusia (dahuri 2003
n Kildow 2005)
Ada 11 Sektor Ekonomi Kelautan Perikanan:
1. Perikanan Tangkap
2. Perikanan Budidaya
3. Industri Pengolahan Hasil Penangkapan
4. Industri Bioteknologi
5. Pertambangan dan energi
6. Pariwisata Bahari
7. Perhubungan Laut
8. Industri dan Jasa Maritim
9. Sumberdaya Pulau Kecil
10. Hutan Mangrove
11. Sumberdaya non konvensional
Total potensi ekonomi sebelas sektor Kelautan Indonesia
sebesar US$ 1,2 Triliun/tahun atau 7 kali lipat APBN 2015 atau 1,2 PDB Nasional
Memuat lapangan kerja sekitar 40juta orang atau 1/3 total
angkatan kerja Indonesia
Pada tahun 2014, kontribusi ekonomi kelautan bagi PDB
Indonesia sebesar 22%. Sedangkan negara2 lain dengan potensi kelautan lebih
kecil seperti Thailand, Korsel, Jepang, Maldives, Norwegia dan Islandia
kontribusinya sebesar >30%
Bisa dilihat di tabel; Nilai Ekonomi (Milyar Dolar AS/TH) di
11 Sektor ekonomi kelautan
Bisa dilihat di tabel di atas; Potensi Produksi Lestari dan
Tingkat Pemanfaatan SDI Indonesia. Indonesia
juga memiliki jenis ikan mahal semisal Tuna Sirip Biru yang seharga Rp.3,5
Milyar/ekor..... *Tapi, kenapa kita ga kaya?*
Sekian intermezonya...
Lanjut ke pembahasan Langkah Strategis untuk Mewujudkan
Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia
1. Mengatasi Permasalahan Utama Bangsa (2015-2020)
Tentu yang harus diluruskan dulu SDM nya...
2. Mengenali SDAnya.. tentu kita harus kenal. Tak kenal maka
tak sayang. Tak sayang, maka tak dipelihara
3. Mengembangkan IPTEK
4. Memperkuat pendanaan
5. Memperbaiki dan mengembangkan infrastruktur
6. Membuat regulasi yang efektif dan efisien
Mengapa kita digenjot untuk bisa menjadi poros maritim dunia?
1. Menyelesaikan masalah nasional; Pengangguran, Kesenjangan
kaya dan miskin, disparitas pembangunan antar wilayah, rawan pangan dan energi,
kerusakan SDA dan lingkungan serta daya saing yang rendah.
2. Wujud PMD (Jangka Panjang)
- Sebagai Negara Maritim yang maju adil makmur dan berdaulat
berbasis ekonomi kelautan, hankam dan budaya maritim
- Menjadi rujukan (role model) dunia dalam bidang kelautan:
IPTEK, ekonomi, hankam, budaya dan ocean governance
Adapun regulasi agar dapat mewujudkan hal tersebut yaitu:
1. Kedaulatan (sovereignty)
2. Keamanan (security)
3. Pembangunan ekonomi (prosperity)
4. Konservasi SDA dan Lingkungan (suatainability)
Bisa dilihat persamaan fungsi
Pendekatan sistem dalam pembangunan ekonomi kelautan menuju
Indonesia sbg poros maritimdunia..
Y= f (x1, x2, x3.... xn)
Dimana Y adalah proses pembangunan ekonomi kelautan menuju
poros maritim dunia
X adalah variabel 11 sektor ekonomi kelautan yang dibahas
sebelumnya di atas
Anak MTK atau statistik pasti faham
Regulasi tanpa program pembangunan konkrit sama dengan nihil
Untuk itu harus diiringi program pembangunan.
Adapun kebijakan dan program pembangunan yang harus
ditempuh:
1. Penegakkan kedaulatan NKRI:
a. Penyelesaian batas wilayah laut
b. Penguatan dan pengembangan sarpras hankam laut
c. Peningkatan kesejahteraan, etos kerja dan nasionalisme
aparat
2. Penguatan dan pengembangan diplomasi maritim
3. Revitalisasi (peningkatan produktivitas, efisiensi, dan
sustainability) sektor2 ekonomi kelautan yang ada se karang (existing)
4. Pengembangan sektor2 ekonomi kelautan baru; industri
biotek kelautan, shale n hydrate gas, fiber optics dan deep sea water induatry
5. Pengembangan pusat pusat pertumbuhan ekonomi kemakmuran
baru di wil. Pesisir sepanjang ALKI, pulau pulau kecil, dan wilayah perbatasan
6. Penguatan dan Pengembangan konektivitas maritim; TOL LAUT
dan konektivitas digital
a. Revitalisasi dan pengembangan armada kapal yang
menghubungkan pelabuhan utama dari ujung barat sampai ujung timur: Sabang-Kuala
Tanjung - Batam - Tj. Priok - Tj. Perak -Makasar - Bitung - Morotai - Sorong -
Kupang
b. Pembangunan pelabuhan sbg tambat labuh kapal, basis
logistik dan kawasan industri
c. Pembangunan transportasi multimoda
d. Industri galangan kapal
e. Konektivitas digital; internet
7 Semua kegiatan ekonomi kelautan harus sesuai
dengan/menerapkan
a. Skala ekonomi
b. Integrated supply chain management system
c. Inovasi teknologi di setiap mata rantai suplai dan
d. Sustainable development principles
8. Revitalisasi dan pembangunan baru infrastruktur
9. Di setiap wilayah perairan, laju penangkapan ikan tidak
lebih dari MSY (Maximum Sustainable Yield)
Potensi produksi lestari stok ikan di alam (MSY)
10. Usaha perikanan budidaya harus menggunakn beat
aquaculture practices dan sesuai daya dukung
wilayah
11. Penanganan ikan dari hulu ke hilir dengan best handling
practices
12. Pengembangan industri psngolahan hasil perikanan yg
tidak membuang emisi karbon maupun limbah
13 Pengembangan
Penguatan induatri biotek
14. Eksplorasi dan eksploitasi ESDM serta SDA non
konvensional
15. Seluruh proses produksi, pengolahan dan transpirtasi
harus secara gradual menggunakan energi terbarukan
16. Penataan ruang wilayah laut-pesisir-darat secara terpadu
17 Rehabilitasi
kerusakan lingkungan dan konservasi
18 Mitigasi dan adaptasi terhadap Global Climate Change,
tsunami dan bencana alam lainnya
19. Peningkatan kualitas dan kuantitaa SDM
20. Penguatan dan pengembangan RnD guna menguasai,
menghasilkan dan menerapkan IPTEKS
21. Penciptaan iklim investasi dan Ease of Doing Business
yang konduaif dan atraktif
22. Kebijakan politik-ekonomi (fiskal, moneter, otoda,
hubungan pemerintah dan DPR, penegakkan hukum dll) yg kondusif: Policy Banking
(Bank Maritim).
23. Peningkatan budaya
maritim bangsa
raja
ampat
Sekian road mapnya...
Kesimpulannya...
Dengan mengimplementasikan road map pembangunan ekonomi
sebagaimana yang diuraikan di tasa secara konsisten, sistematik dan
berkesinambungan insyaAlloh *katanya* 2025 Indonesia akan sejajar dengan Malaysia *minimal dan 2030 Indonesia menjadi negara besar yg maju, adil-makmur,
berdaulat, dan diridhoi Alloh Swt. Aamiin
Tanta Jawab :
Ratih Sasmita:
Baiklah, sekarang kita buka sesi tanya jawab ya, silahkan rivandi desra
Pertanyaanya
:
rivandi
desra : Apa yang menjadi fokus /orientasi
pemerintah selama ini dalam memaksimalkan potensi ekonomi biru terhadap
pembangunan ekonomi indonesia?
Jika berdasarkan data, Konstribusi ekonomi biru indonesia
hanya 22%, sedangkan negara2 yang potensi kelautan nya rendah dapat memberi
berknntribusi sebesar >30% ?
Ririn: Setiap periode kepemimpinan pemerintah memiliki fokus
prioritas yang berbeda
Saya menjawabnya sebagai pengamat dan akademisi saja ya yang
kebetulan pernah ikut projek pemerintah. Dulu sebelum adanya program
"Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia" yang diagaungkan Pak JKW dan
Bu Susi ini, kita mengenal kebijakan Blue Economy. Nah, Blue Economy itu
prioritasnya pada peningkatan nilai tambah produk. Yang berbasis Zero Waste.
Contoh kecilnya misalnya, rumput laut yang biasa diekspor
dalam bentuk mentah diolah menjadi bentuk jadi atau olahan, dan tidak
meninggalkan limbah ke laut., Blue Economy ini juga lanjutan dari Kebijakan
pemerintah sebelumnya yang dikenal dengan "Industrialisasi". Nah,
untuk industrialisasi lebih konsen kepada optimalisasi industri hulu ke hilir
dengan menerapkan Best Handling Practice. Agar kualitas produk bagus dan
berdaya saing...
Kebijakan industrialisasi ini juga merupakan kelanjutan dari
kebijakan "Minapolitan" Pengelolaan berbasis wilayah Setiap satu
periode pemerintah ke periode pemerintah berikutnya memiliki program kerja
khusus sendiri yang memiliki benang merah. Kaya organisasi lah...
Ada proker utama, jangka pendek, menengah dan jangka panjang
Jadi, istilah2 kebijakan itu produk pemerintah... Kenapa bisa hanya 22%?
Jawabannya komprehensif, Masalah utamanya di pembuat
kebijakannya Ngga ada menteri Kelautan Perikanan yang bertahan lama. Hampir
semua kena reshuffle...
Beberapa program yang harusnya dilaksanakan jangka panjang,
ganti kepemerintahan ya ganti lagi proker utamanya Terhenti dan tergantikan, Blue
Economy itu ga bisa terwujud hanya dalam 5 tahun...(1 periode pemerintahan). Mungkin
setelah Pak Jokowi dan Bu Susi lengser juga, ga akan ada proker Indonesia
Sebagai Poros Maritim Dunia
Meski demikian, walaupun berbeda beda nama proker, intinya
sama: Memajukan perekonomian Indonesia Bidang Kelautan Perikanan. Untuk
mencapai hal tersebut diperlukan step by step, tidak bisa sekaligus jadi...
Ratih
sasmita : Ya skrg silahkan yeni herlinda
Yeni : mnyangkut dgn pmbangunan tsb, yg ingin saya tanyakn teh,
apkh kita(indonesia) tlah ada estimasi utk anggarn dana yg akan dbutuhkn dlm
mwujudkn cita2 sbg poros maritim dunia it? Trus kementrian mana sj yg prlu
mndapatkn kucuran dana brlebih utk mnggarap agenda2 kemaritiman & kelautan
ini?
Ririn: Terkait anggaran itu memang ada Sama halnya dengan
ormawa setiap kementrian memiliki budgetting tersendiri Dan setiap program
memiliki budget tersendiri Indonesia sebagai poros maritim dunia adalah visi
pak Jokowi yang dalam pelaksanaannya diturunkan ke dalam banyak program kerja
yang melibatkan banyak instansi/ kementrian Terkait anggaran khusus, saya tidak
tahu apakah ada atau tidak untuk visi tersebut, Yang pasti ada anggaran program
kerja yang mengarah terwujudnya visi tersebut
Misalnya Direktorat Jenderal Hubungan tahun 2016 mendapat
anggaran Rp4,451 Triliun Untuk pengadaan kapal, navigasi dan pelabuhan KKP
memiliki anggaran tersendiri Kementrian Kemaritiman memiliki anggran tersrndiri
dari APBN KemenPUPR memiliki anggaran tersendiri KemenHut memiliki anggaran
tersendiri Yang jika terintegrasi dengan baik dapat mencapai visi tersebut
Menurut saya, banyak kementrian yang beririsan satu sama
lain program kerjanya...
Termasuk Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Dalam
pengerjaannya memang berintegrasi antar kementrian Yang paling beririsan ya
KemenKP, KemenMaritim, KemeHub, KemenHut (Mangrove) bahkan KemenKeu,
KemenSetneg dan KemenSos pun bisa ikut andil 😬
KemenPUPR juga Saya pernah ikut projek KemenPUPR Terkait
proker Jokowi yang Nawacita pembangunan Bendungan yang tersebar di Indonesia Itu
juga beririsan tapi... dari sektor perikanan darat.
Nah, KemenPUPR ini bisa terlibat dalam analisis AMDAL
pelabuhan misalnya Jadi, intinya memang berintegrasi antara satu kementerian
dengan kementrian lain.
Yeni: Jwbn yg sangat memuaskn... Awalny sdikit ragu saat ad
wacana sperti ini teh, it lah saya mnanyakn mslh dana. Krna trkhir yg saya
kthui RAPBN Indo ini msh berkutat diangka 1 triliun lebih kalau tdk salah,
sdng blanja negara ini sbsar 2 triliun
lbih. Tp stelah mndptkn pnjelsan dri teh ririn ini. Saya mndpktkn ksimpulan...
Bhwasany proyek ini dpt brjalan saat visi nya sejalan, dan ada kemauan kuat
dari yg memimpin dan dipimpin utk sama2 bersinergitas... Trutama negara jgn
menambah hutang lgi..
Trimakasih teh atas jawabnya
Uswatun Hasanah: Pada tahun 2014, kontribusi ekonomi
kelautan bagi PDB Indonesia sebesar 22%. Sedangkan negara2 lain dengan potensi
kelautan lebih kecil seperti Thailand, Korsel, Jepang, Maldives, Norwegia dan
Islandia kontribusinya sebesar >30%. Terima kasih.
Uswatun Hasanah: Menanggapi penjelasan di atas. Yg ingin ana
tanyakan kenapa bisa terjadi seperti itu? Kenapa Indonesia belum dapat
memaksimalkan potensi kelautan yg ada dan malahtertinggal dengan negara yg
lain?
Ririn: Baik terima kasih banyak atas pertanyaannya Mba
Uswatun Hasanah..
Uswatun Hasanah: Apa yang bisa kita lakukan sebagai
masyarakat umum untuk meningkatkan n memaksimal potensi kelautan kita tersebut?
Mengingat kita tidak berada di pemerintah yg bisa mengatur #done
Ririn: Terjadi seperti itu karena ke 11 sektor ekonomi
kelautan tidak teroptimalkan dengan baik? Kenapa bisa bisa tertinggal?
Jawabannya komprehensif, salah satu faktor utama adalah SDM, terlebih yang
memiliki bargaining position/pembuat regulasi/pemerintahnya berganti2 prioritas
utama, banyak proker berhenti di tengah jalan. Mba bisa baca tanggapan saya
terhadap pertanyaan Mas Rivandi. Selain itu, memang banyak faktor lain seperti:
Indonesia negara kepulauan
Sulitnya monitoring dan pengelolaan dengan kondisi srperti
itu terlebih pemerintah kan berpusatdi P.Jawa. SDM berkualitasnya juga berpusat
di Jawa, enggan berdistribusi
Meskipun ada Otoda (Otonomi Daerah), tapi tidak belum tentu
pemda sesuai dengan keinginanpusat
#tapi belum Lalu, teknologi yang belum memadai... Lalu Black
Market dan Illegal Fishing (Pasar gelap di tengah laut dan pencurian ikan) Perairan
dikuasai asing dan sektor swasta Dll...
Masih banyak faktor lainnya... Intinya kita harus
menyelesaikan akar2 masalah tersebut... Akar utamanya ada di SDMnya.. baik
pemerintah, masyrakat, pelaku usaha, akademisi dll
Lalu, apa yang bisa kita lakukan? Banyak... dan bisa dimulai
dari hal terkecil Seperti rutin mengkonsumsi produk laut dalam negeri,
mengembangkan teknologi hulu/hilir dan mengaplikasikannya.... Jika kita tinggal
di wilayah terkecil dan terluar, bisa melakukan monitoring membantu tugas
pemerintah... Dan hal yang terpenting, meningkatkan kesadaran kemaritiman. Jika
sudah sadar dan faham akan menstimulan action. Seperti yang dibahas sebelumnya,
jika tak kenal maka tak sayang #eeeaaa Sudah 22:55. Bagaimana Mba Uswatun?
Maaf Mba
Karena sudah malam, saya pamit
Wassalamu'alaykum Wr. Wb.
3 Comments
Alhmdulillah bisa tambah ilmu ttg kemaritiman Indonesia 😊 thanks postingan2 diskusinya.. semangat berkarya, semangat mendalami luasnya ilmu pengetahuan Allah..
ReplyDeleteAlhmdulillah bisa tambah ilmu ttg kemaritiman Indonesia 😊 thanks postingan2 diskusinya.. semangat berkarya, semangat mendalami luasnya ilmu pengetahuan Allah..
ReplyDeleteMantap. Keep on the great posting, gan.
ReplyDeleteIjin share gan.
PROMO POIN REWARD
JUDI TOGEL
JUDI BOLA
JUDI TOGEL SINGAPORE
agen togel terpercaya
agen togel terpercaya
agen togel terpercaya
agen togel terpercaya