"Kukatakan Padamu" Cara Menambahkan Gadget Followers Pada Blog


Gemar menulis merupakan sesuatu yang cukup langkah dan spesial. Karena tidak setiap orang mempunyai kegemaran itu, meskipun seseorang sangat suka membaca. Namun mereka belum tentu mempunyai hasrat untuk menuliskan pengetahuan yang didapatnya dari hasil membaca.

Kita dapat memberikan ruang untuk menyalurkan kegemaran menulis melalui berbagai media. Baik melalui media yang sejak lama cukup terkenal yakni buku dieri (catatan keseharian). Atau melalui media online seperti sosial media dan platform blog.

Kegemaran tersebut dapat mengasah kemapuan kita dalam menulis, menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Keinginan agar tulisan kita dapat menjadi bermanfaat, dan dapat dinikmati oleh banyak orang merupakan hal yang sangat wajar. Sehingga kita memutuskan untuk menggunakan sosial media, terutama blog untuk mencapai keinginan tersebut. 

Hal tersebut tentu akan menarik perhatian orang lain. Bagi mereka yang sangat menyukai gaya tulisan kita ataupun cerita yang kita tulis. Akan membuat mereka memutuskan untuk mengikuti tulisan demi tulisan yang kita publikasikan. Jika mereka ingin selalu mendapatkan notifikasi tulisan terbaru yang kita sajikan pada blog. Maka mereka akan memutuskan untuk mengikuti atau menjadi pelanggan blog milik kita.

Mereka dengan sukarela akan mengklik tombol langganan atau mengikuti. Sehingga sangat penting bagi kita untuk memfasilitasinya. Dengan cara menyediakan tombol langganan (follow). Bagaimana jika kita adalah orang yang sangat awam dengan semua fasilitas yang ada pada blog. Sehingga membatasi untuk dapat memfasilitasi para penikmat tulisan kita.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membantu kita semua para penulis yang masih cukup awan untuk dapat memfasilitasi para penikmat tulisan kita. Agar mereka terus mendapatkan update dari blog kita, dengan menyediakan tombol langganan (follow).

Tulisan ini juga dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan yang muncul dari salah seorang teman sesama blogger pemula. 

Fasilitas tombol langganan (gadget follow blog) sebenarnya sudah disediakan oleh blog. Kita hanya perlu untuk menampilkan gadget follow tersebut. Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah log in ke dashboard blog.

Setelah masuk pada halaman dashboard blog, kita klik fasilitas tata letak. Berikut adalah tampilannya.


Maka kita akan masuk ke halaman tata letak. Dimana kita akan melakukan pengaturan untuk menampilkan gadget follow blog. 

Setelah masuk pada halaman tata letak. Klik tambahkan gadget, seperti gambar berikut ini.


Selanjutnya kita akan masuk pada halaman pop up (halaman yang muncul secara terpisah). Halaman ini menyediakan semua fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh semua blogger. Termasuk fasilitas gadget follow blog, berikut tampilan menu of pop up gadget.


Setelah menu of pop up gadget muncul. Kita scroll down (geser kebawah) sampai menemukan gadget follow blog, berikut tampilannya.


Klik tanda tambah yang terdapat pada bagian pojok kanan atas gadget followers (pengikut). Maka akan menampilkan halaman pengaturan gadget tersebut. Berikut tampilannya.


Silahkan melakukan pengaturan dengan mengganti nama atau judul dari gadget. Setelah selesai klik tombol simpan untuk menambahkan gadget ke halaman blog.

Maka kita akan kembali ke halaman pengaturan tata letak. Dan kita dapat melihat gadget followers yang kita tambahkan tadi seperti pada gambar dibawah yang diberi nomor 1. Selanjutnya untuk menerapkan pengaturan yang di lakukan, kita harus menyimpannya dengan mengklik tombol simpan setelan. Seperti gambar dibawah yang diberi nomor 2.


Setelah selesai, kita dapat menyegarkan halaman atau refresh page. Dan mengunjungi laman blog untuk melihat hasil pengaturan yang telah kita lakukan. Berikut adalah tampilannya.


Demikian panduan untuk menampilkan gadget of followers pada blog milik kita. Sehingga para penikmat tulisan yang kita publikasikan selalu mendapatkan notifikasi karya terbaru yang dibuat.

Selamat mencoba teman-teman semuanya. Dan selamat membuat nyaman setiap pengunjung laman blog kita. Jangan lupa untuk memberikan komentar, atau like dan share tulisan ini, dan bahkan mengikuti blog saya untuk selalu mendapatkan notifikasi tulisan terbaru.  

Caranya sangat gampang, tinggal klik tombol ikuti yang tersedia. Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Post a Comment

7 Comments

  1. Punya sudah ada belum ya mas kalau seperti ini,

    https://endyahku.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Nice. Makasih infonya. Follow blog ku yah 😁

    ReplyDelete
  3. Mau dong diliatin jg mas yg evitafl.wordpress.com 🙏🏻
    Terima kasih 😊

    ReplyDelete