Nominal and Verbal Sentence



Pada tulisan “What is the meaning of sentence in English?” sebelumnya, kita telah mempelajari apa yang dimaksud dengan sebuah sentence. Sekarang untuk lebih memperdalam tentang sentence kita akan mempelari jenisnya.

Sentence mempunyai dua jenis atau dua bentuk yakni nominal dan verbal. Perlu kita ingat kedua jenis tersebut harus tetap memenuhi syarat sebagai sebuah sentence yakni terdapat Subject dan Verb.

Nominal Sentence

Kalimat nominal atau nominal sentence adalah sebuah kalimat yang verbnya tidak melakukan pekerjaan apapun dan bersifat sebagai verb pembantu saja (auxiliary verb).

Auxiliary verb tersebut adalah is, am, are, was, were, be. Kata kerja bantu dapat diartikan sebagai adalah, tetapi tidak semuanya dapat diartikan adalah. Untuk lebih jelas mari simak contoh dibawah ini.

Rumus: Subject + be (is, am, are, was, were, be)

Contoh: 

The Present president of republic Indonesia was a governor of Jakarta.  (Presiden Republik Indonesia saat ini dulunya adalah gubernur Jakarta)

Is SMP N 5 Jakarta your school? (Apakah SMPN 5 adalah sekolahmu)

The keyboard of Asus notebook is too expensive. (Papan ketik laptop asus terlalu mahal)

We were the best pupil of our school all the time. (Kita adalah murit terbaik sekolah kita sepanjang masa)

I am the future leader. (Saya adalah Pemimpin masa depan)

He is handsome. (Dia ganteng)

Verbal Sentence

Kalimat verbal adalah kalimat yang verbnya melakukan aktivitas. Verb tersebut berupa Verb 1, Verb 2 dan verb 3 ( dengan syarat di dahului verb auxiliary). Berikut adalah contoh nya.

Rumus kalimat verbal: Subject + Verb 1/ Verb 2/ (auxiliary verb + Verb 3)

Contoh:

menggunakan verb 2

I purchased his favorite cake. (saya membelikan kue kesukaannya)

menggunakan verb 1

I am consultant of her business (saya adalah penasihat bisnisnya)

menggunakan auxiliary + verb 3

I have advised to relocate my business office branch from Surabaya to Malang (saya disarankan untuk memindahkan kantor cabang bisnis saya dari Suraba ke Malang.

Post a Comment

0 Comments