Cara Paling Mudah untuk Menambahkan Menu Baru Pada Header Blog

Sebagai seorang blogger ataupun pengelola website, sebaiknya memberikan kemudahan kepada pengunjung situs milik kita. Dengan memberikan kemudahan-kemudahan para pengunjung untuk bernavigasi atau berselancar ke berbagai tulisan yang kita miliki.

Sehingga menyediakan menu pada bagian header blog berdasarkan klasifikasi tulisan merupakan salah satu langkah yang sangat tepat. Saya akan memberikan contohnya, tetapi sebelum itu kamu harus sudah menambahkan label di setiap tulisan dan menampilan labelnya pada blog.

Langkah pertama adalah anda harus log in ke dalam blog. Setelah masuk pada halaman dashboard, klik menu tata letak yang terdapat pada bagian kiri laman. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelas.


Setelah masuk pada halaman tata letak, selanjutnya kita akan melakukan pengaturan untuk menambahkan menu pada header blog. Klik edit pada lokasi menu-page yang ada, seperti gambar berikut.

Maka akan muncul pop-up menu untuk melakukan konfigurasi daftar halaman, seperti gambar berikut. Langkah selanjutnya adalah klik tambah link eksternal untuk menambahkan menu.


Setelah kita melakukan klik tambah menu tambah link eksternal sebelumnya, maka sebuah pop up akan kembali muncul. Pop up menu tersebut merupakan pengaturan detil menu yang akan kita buat.

Terdapat dua buah kolom yang harus kita isi. Yang pertama dengan judul nama halaman. Kolom ini merupakan nama menu yang akan ditampilkan pada blog. Yang kedua adalah link yang akan mengklasifikasikan tulisan demi tulisan menu yang dibuat seperti berikut ini. 


Link tersebut didapatkan dengan melakukan penyalinan link label yang sudah ditampilkan sebelumnya. Klik kanan pada salah satu label anda, dan copy link address dan selanjutnya salinkan pada kolom pengaturan.

Berikut adalah tampilan label yang sudah dipublikasikan pada blog. Jika anda belum menampilkan label tulisan anda sebaiknya membaca artikel cara menampilkan label pada blog dan cara membuat label pada blog.


Berikut adalah tampilan setelah kolom demi kolom pengaturan menu diisi. Setelah itu klik tombol simpan, untuk diterapkan pada blog.


Setelah itu geser kebawah atau scroll down. Dan klik tombol simpan untuk menerapkan pengaturan, berikut ilustrasinya.


Setelah semuanya selesai, klik simpan setelan yang terdaapat pada pojok kanan atas dari halaman pengaturan tata letak untuk merapkan semua pengaturan yang telah dilakukan.


Terakhir, anda tinggal mengunjungi halaman blog. Untuk melakukan pengecekan hasil pengaturan yang telah dilakukan. Seperti berikut.


Demikian tulisan tentang bagaimana cara menambahkan menu baru baru pada header blog anda.

Cara diatas merupakan cara yang sangat mudah, selain dengan cara melakukan peubahan program yang di pakai pada blog.

_______
Jangan lupa untuk Follow, Comment, Like, and Share untuk mendukung blog ini tetap produktif.

Post a Comment

2 Comments