Catatan Perjalanan KKN Di Mata Pebri Ika




Judul              : Catatan Perjalanan KKN
Penulis          : Muhammad Ali Al Husain
Penerbit        : Embrio Publisher
Tebal buku   : 112 halaman
Jenis buku : Nonfiksi, Kisah Nyata

Membaca buku tulisan teman itu punya sensasi tersendiri. Ada rasa haru, bangga, pun jadi pematik ingin berusaha lebih keras lagi agar bisa pula menelurkan karya. Selamat temanku @ali_asetiah atas kelahiran bukunya.

Sesuai dengan judulnya buku ini berisi tentang kenangan penulis saat melakukan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Gaya penulisannya seperti sedang bercerita dengan menggunkan POV 1.

Cerita dimulai saat penulis membaca pengumuman penempatan KKN, ia ditempatkan di desa Tertap bersama dengan beberapa mahasiswa lain yang sama sekali belum dikenalnya. Ia pun berinisatif meghubungi mereka untuk perencanaan barang-barang yang perlu dibawa juga agar saling kenal satu sama lain. Hal tersebut membuat penulis dijadikan sebagai representasi kelompok. Hari keberangkatan pun tiba, setelah melewati perjalanan yang cukup panjang penulis beserta tim ternyata menerima penyambutan yang tidak disangka-sangka.

Berbagai masalah pun mulai berdatangan. Mulai dari peristiwa horor di tempat tinggal mereka, cuaca yang cukup berbeda dari tempat asal hingga komentar masyarakat tentang kinerja mahasiswa. Konflik antar anggota pun terjadi, tentang bagaimana sikap yang diambil bisa dijadikan contoh bagi yang punya masalah serupa suatu saat nanti. Penulis juga menekankan akan pentingnya perencanaan kegiatan KKN yang matang, atas pengalaman pribadi penulis karena mengikuti sebuah organisasi beberapa tahapan dalam penyusunan program yang tepat dijelaskan dalam buku ini.



Sisi menarik lainnya yaitu beragamnya tradisi dan budaya yang dimiliki oleh tempat pengabdian penulis. Beberapa kali mereka terjun langsung di dalamnya salah satunya adalah saat tradisi "begarehan". Keberhasilan tim dalam ajang perlombaan desa pun menjadi kenangan tersendiri. Kisah asmara ternyata juga disisipkan dalam jalannya cerita.

Secara pribadi setelah membaca buku ini aku merasa mendapat banyak wawasan baru hingga memunculkan kalimat, “Oh jadi begini rasanya KKN.”


#gerakan_1week1book 
#catatanperjalananKKN
@gerakan_1week1book
niahhana_alfalim11
Duh jadi ingat KKN. Btw, ada kisah horror-nya juga ya buku ini. Jangan² tentang rumah yang mereka tempati lagi. Hihi

Berikut Link review asli: 
https://www.instagram.com/p/BuFqVIkA52o/?utm_source=ig_web_options_share_sheet

Post a Comment

0 Comments