Nikmatnya Sambal Terasi


Dari jutaan yang paling menarik dari sebuah negara yang beriklim tropis seperti Indonesia adalah makanannya. Ada banyak jenis makanan yang hanya terdapat di Negara dengan dua musim. Dan ada banyak buah-buahan yang juga tidak terdapat di Negara lain, sebut saja Rambutan, durian, dan sebagainya. 

Dari makanan-makanan tersebut tercipta banyak olahan makanan yang sangat nikmat. Salah satu yang paling banyak jenisnya adalah sambal. Ada beberapa jenis olahan sambal yang sangat terkenal di Indonesia, seperti cabe ijo, balado, dan terasi. Dari beberapa jenis olahan tersebut yang paling mudah untuk dibuat adalah Sambal Terasi. Sebelumnya, Terasi merupakan olahan udang yang berukuran kecil atau dalam beberapa bahasa disebut dengan sebutan udang Rebon. Udah tersebut kemudia di haluskan.

tribunews.com

Tidak perlu skill khusus dalam membuat sambal terasi ini. Cukup dengan mengetahui bahan-bahnnya saja. Setelah itu tidak diperlukan banyak tehnik dalam memasaknya. Saat kita telah menyiapkan semua bahannya, yakni cabai, bawang merah dan putih, tomat, garam, dan tentunya bahan utama yaitu terasi.

Setelah semuanya siap, maka selanjutnya adalah membuat layu semua bahan-bahan dengan cara menggorengnya. Goreng semua bahan kecuali garam, tunggu beberapa menit, hingga kondisi bahan makanan layu namun tidak menjadi kering. Angkat dan tiriskan, selanjutnya kita harus menggoreng terasi hingga mengeluarkan aroma yang khas. 

Setelah semuanya selesai digoreng dan ditiriskan, maka selanjutnya kita tinggal mencampurnya dengan cara dihaluskan. Sangat tidak disaran menggunakan penghalus mekanik atau yang sering kita sebut dengan blender. Tetapi lebih dianjurkan menggunakan alat giling tradisional atau manual, yakni menggunakan cobek. 

Penggunaan cobek akan memaksimalkan rasa yang dihasilkan sambal. Tambahkan juga sedikit minyak dari proses penggorengan kita tadi. Kenikmatan sambal terasi akan semakin nikmat jika dipadukan dengan makanan lain seperti tahu, tempe, dan ayam goreng.  

Rasanya sangat sulit untuk menolak kenikmatan sambal terasi. Bahkan nafsu makan kita akan bertambah menjadi dua kali lipat. Kenikmatannya akan semakin bertambah jika ditemani dengan nasi hangat.

#rwc
#catatanramadhab

Post a Comment

0 Comments