PKS Menangi DPRD Kota Bandung 2019-2024, PSI Pecundangi Dua Partai Senior

Ajang pemilihan umum tahun 2019 memberikan banyak kejutan. Khususnya pemilihan anggota DPRD.

Ada banyak partai yang di prediksi oleh berbagai survey akan hilang di tahun 2019. Seperti PAN, PKS, PPP, dan beberapa partai lainnya. Namun dinamika politik tahun 2019 mematahkan berbagai prediksi tersebut.

Misalnya saja PKS. PKS di prediksi tidak akan mampu lolos dari parlementary threshold. Namun ternyata hasil pleno kpu menyatakan hal yang berbeda. PKS mampu finish di urutan ke enam dengan raihan suara 8 % lebih, serta memenangi beberapa DPRD level provinsi dan kabupaten/ kota.

Photo by bandungkita.id

Salah satu daerah yang di menangi oleh PKS adalah Kota Bandung. PKS berhasil memastikan diri untuk menduduki ketua DPRD kota Bandung periode 2019 - 2024. PKS mampu meningkatkan perolehan suara di bandingkan tahun 2014, menjadi 295.615 suara atau 19, 5 %.

Tidak hanya jumlah suara, tetapi juga berhasil menyabet 13 kursi dari jumlah yang ada. Sementara PDIP yang di tetapkan menjadi pemenang nasional hanya menempel ketat di posisi kedua dengan total suara 226.588 (14, 9%) atau delapan kursi DPRD saja.

Sementara rekan koalisi PKS, Gerindra, berhasil mengamankan 13, 5 % atau 204. 717 suara. Dengan raihan kursi yang sama dengan PDIP. Hal tersebut menjadikannya secara otomatis menempati posisi ketiga pemenang di kota Bandung.

Sedangkan posisi keempat, kelima, dan keenam. Masing-masing di tempati oleh Partai Golkar, Partai Demokrat dan Partai Nasdem. Dengan raihan kursi sebanyak enam kursi untuk Golkar,  dan masing-masing lima kursi untuk Demokrat dan  Nasdem.

Kejutan besar justru di buat oleh partai pendatang baru yang penuh dengan sensasi. PSI. Bahkan secara mengejutkan partai ini berhasil mempecundangi dua partai senior lainnya.

PSI berhasil mendapatkan tiga kursi dengan jumlah suara 4, 8 %. Sementara dua partai lainnya  yakni PKB dan PPP hanya memperoleh dua dan satu kursi saja. Dengan total raihan suara 3, 4 % dan 2, 75 %.

Post a Comment

1 Comments

  1. numpang share ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete