TRAVEL AND TRANSPORT IN UK “Berbagai macam alat transportasi di United Kingdom”


Siapa yang tidak mengenal Inggris yang merupakan salah satu Negara adikuasa didunia dan bahkan negara yang satu juga terkenal dengan keahliannya dalam menciptakan atau menelurkan negara maju baru di berbagai belahan dunia, sebut saja negara serumpun kita (Malaysia)  yang merupakan hasil didikan inggris yang kini bertumbuh semakin maju, lalu ada Australia bahkan amerika serikat juga merupakan hasil binaan Inggris, sehingga memunculkan istilah negara-negara persemakmuran Inggris, lalu apakah Indonesia agar dapat menjadi Negara yang maju, juga harus meminta didikan dari Inggris.

Upss, nampaknya terlalu jauh ya fikiran saya, hehe. Selain ahlinya dalam menciptakan Negara maju didunia tentu inggris sendiri merupakan Negara yang sudah sangat mapan ya, banyak kebijakannya yang mempengaruhi Negara lainnya, salah satu kebijakannya yang paling kontroversional adalah BREXIT (British Exit) yakni keluarnya Inggris dari UNI Eropa (Europe Union). Saya yakin sekali semua teman-teman pembaca ingin sekali berkunjung ke negeri ratu Elizabeth ini, yang pasti saya juga, apalagi mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan study di Birmingham University yang merupakan kampus  impian saya, lah saya kok jadi curhat ya… heheh..,  nah karna keinginan tersebutlah mendorong saya untuk berburu semua informasi tentang negeri kerajaan ini, sehingga nanti ketika saya kesempatan untuk melanjutkan belajar dinegara ini di kemudian hari, saya sudah mempunyai bekal informasi dasar yang cukup.

Ssttt,,,, pasti teman-teman penasarankan dengan informasi apa saja yang sudah saya kumpulkan, hehe…. Tenang saja saya juga akan membagikannya kepada teman-teman semua yang sudah setia membaca tulisan ini, siapa tau teman-teman pembaca sudah ada yang akan berangkat ke UK dalam jangka waktu dekat ini baik untuk urusan pendidikan seperti yang saya impikan, bisnis, keluarga atau hanya sekedar jalan-jalan untuk menyegarkan kepala dari rutinitas yang padat.

Well, saya akan berbagi informasi seputar travel and transport yang dimiliki  oleh Negara ini, semoga dapat membantu teman-teman. Mungkin akan langsung muncul sebuah pertanyaan atau statement dari teman-teman, pasti cuma transportasi dalam kota yang dibagikan dan teman-teman bertanya, gimana kalo saya berkunjung di pedesaannya karena internship saya dipedesaan, berarti saya ngga bisa jalan-jalan kekota ya?, atau pasti kaya di Indonesia, akses transportasi yang lengkap dan gampang Cuma ada di kota-kota besar.

Tenang aja ya, di Inggris kita ngga perlu cemas karena semua transportasi menghubungkan seluruh daerah di Inggris. Jadi tenang saja ya, dimana saja teman-teman, apakah di pedesaaan atau di perkotaan tetap bisa berkeliling ke banyak tempat dengan cepat selama berada di UK, seperti ada Eurostar, coaches (semacam bus dengan bentuk memanjang dan kursi-kursi yang sangat nyaman) internasional, dan penerbangan yang terkoneksi, sehingga Inggris terasa dalam satu langkah saja untuk berpergian.

Yang pertama Inggris punya kereta, yang jaringannya sangat luas menghubungkan seluruh kota besar dan kota-kota kecil diseluruh penjuru negeri ini, sebagai contoh kita hanya membutuhkan waktu selama 2 jam saja untuk melakukan perjalan dari kota London menuju kota Cardiff dengan menggunakan kereta. Selain itu kabar gembira buat kita yang berusia 16-25 tahun atau juga mahasiswa penuh waktu dapat mengajukan kartu, yakni 16-25 railcard yang memungkinkan kita menghemat uang untuk jalan-jalan keluar UK tetapi start awalnya harus dari UK ya.

Nah buat yang bukan mahasiswa atau juga berusia diatas 25 tahun jangan bersedih hati ya, kalian juga bisa mendapatkan diskon besar jika kalian melakukan pemesanan tiket terlebih dahulu atau dalam perjalanan bersama kelompok atau waktu musim tiket yang bisa dikatakan lagi musim-musimya liburan ya, nah cara untuk mendapatkan diskon besar ini, bisa melihat cara detil di websitenya nya di www.nationalrail.co.uk.

Bagi kalian yang udah merasa bosan dengan suasana perjalanan laut, udara, dan darat yang pasti udah mainstream, UK juga menawarkan sensasi perjalanan yang berbeda dari biasanya melalui transportasi Underground (bawah tanah) yang dimilikinya, seperti di kota London, Glasgow, Liverpool, and Tyne. Kalian dapat menggunakan kartu oyster yang bisa diisi ulang di https://oyster.tfl.gov.uk saat perlu atau kalian bisa membeli kartu tersebut yang mempunyai jangka mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan sehingga tidak perlu repot mengisi ulang, hanya tinggal tap in and out saja dan yang paling penting ngga pusing mikirin duit buat top up nya. Buat kita yang masih pelajar atau mahasiswa ada kartu khusus yakni student oyster card, juga buat kita yang berusia 16-25 tahun bisa mendapatkan diskon yang menggiurkan. Selain diisi ulang via website, kartu juga bisa diisi ulang disetiap kota.

Selanjutnya bagi kalian yang mau jalan-jalan ke Paris atau Lille tapi maunya cepet aja, UK juga punya kereta cepat yang mungkin seperti shankansen di jepang, namanya Eurostar yang merupakan kereta cepat dan melayani perjalaan dari London ke Paris, Lille, Calais, dan Brussels. Kalian bisa melakukan perjalanan hanya dalam 2 jam saja ke kota-kota tadi setiap hari.

Untuk kalian para pengguna setia bus, kabar gembiranya hampir semua kota di UK menyediakan layanan bus regular dimana kalian dapat membeli tiket secara langsung saat berada didalam bus, mirip-mirip naik angkot ya kali ahaha, kecuali pada beberapa bus di London dimana kalian harus membeli tiket telebih dahulu sebelum menumpang. Serta menggunakan travel card atau oyster card.

Untuk lebih nyaman kalian dapat menggunakan COACHES ( semacam bus jarak jauh atau bisa juga disebut  Damri kalo di Indonesia) untuk perjalanan jauh sepertimenuju kota-kota yang jaraknya sangat jauh atau menuju ke bandara. Supaya bisa hemat biaya 30%  kita bisa membeli coachcard dari national express tapi syaratnya harus mahasiswa full-time atau juga berusia 16-25, jadi yang tidak masuk katagori itu mohon maaf ya. Untuk informasi tambahan Citylink adalah penyedia utama layanan COACH di skotlandia dan di Irlandia Utara penyedia utama layanan ini adalah Translink. Jika kalian ingin melakukan perjalanan yang lebih jauh di eropa ada baiknya menggunakan Eurolines saja karena lebih murah dan lebih mudah digunakan untuk berpergian.

Saya percaya sebagian dari kita tidak ingin direpotkan dengan kendaraan sehingga lebih memilih TAXI sebagai pilihan utama dalam melakukan aktivitas sehari-hari, tenang saja taxi sangat mudah untuk ditemukan diseluruh kota di UK, dan jangan lupa untuk memastikan taxi yang akan digunakan aman. Jika kita adalah seorang mahasiswa, menurut saya ada baiknya untuk menggunakan cab atau taxi yang masuk daftar rekomendasi dari kampus kita masing-masing ya. Atau ada yang mau menggunakan mobil sendiri, sebenarnya ngga masalah sih, tapi perlu dipastikan teman-teman mempunyai driving licence dan insurance ya, hihi kan bisa repot kalo ditilang disana nanti.

Terakhir buat kalian yang ingin hemat dan tentunya tetap sehat dapat menggunakan SEPEDA untuk berkeliling kota, jangan cemas ya teman-teman, karena di UK bersepeda merupakan kegiatan yang sangat popular atau merakyat dan merupakan pilihan yang bijak. Ada banyak sekali kelompok sepeda terutama dikampus-kampus serta ada banyak pelatihan-pelatihan tentang bagaimana bersepeda yang aman dan bagaimana merawat sepeda. Dibeberapa kota seperti London, Liverpool dan Belfast yang mempunyai skema penyewaan sepeda untuk didalam kota yang memungkinkan kalian untuk mendapatkan sepeda untuk disewa dari satu tempat penyewaan dengan biaya yang murah dan dapat mengembalikannya di tempat penyewaan lainnya di dalam kota selama 24 jam, jadi ngga ribet buat ngembaliin ditempat awal kita menyewa ya teman-teman.

Nah gimana, ada banyak pilihan bukan? Untuk bisa menjelajah UK dengan mudah dan biayanya yang sangat murah tentunya. Jika nanti kita ada kesempatan buat menjelajah UK bisa memanfaatkan salah satu dari transportasi tersebut ya. Sekian dulu ya bagi-bagi informasinya, nanti saya lanjutkan dengan pembahasan lainnya.

Post a Comment

0 Comments