Sebab Masalah Hadir

Mahluk merupakan sebuah benda yang memiliki ciri-ciri dapat bergerak dan bertumbuh dengan sendirinya sesuai dengan garis yang telah di gariskan oleh penciptanya, dan kita mendapat kemuliaan dengan tambahan kategori mulia yakni mampu berfikir yang kemudian disebut sebagai manusia.

Berfikir merupakan pembeda yang sangat mempengaruhi kehidupan mahluk, dari kemampuan ini membuat kita menghasilkan dan harus menghadapi yang kemudian kita sebut sebagai masalah.

Masalah dan berfikir merupakan pembeda utama kita dengan mahluk lain yang hidup dimuka bumi ini, ayam bertumbuh dan berkembang tetapi tidak mampu berfikir sehingga tidak mempunyai masalah yang harus diselesaikan begitupun dengan yang lainnya.

Pribadi dan public merupakan dua sifat dari sebuah masalah yang harus dihadapi dan diselesaikan, sangat segar dalam ingatan kita ketika kita mendapatkan sebuah kehormatan dan kebanggaan sebagai penghimpun seluruh Negara Asia untuk menjalin hubungan erat dalam bentuk kompetisi olahraga yang kita kenal sebagai Asian Games ke delapan belas tahun 2018.

Pada saat yang bersamaan kita sebagai sebuah bangsa mendapatkan sebuah masalah besar berupa gempa bumi yang jumlahnya lebih dari 10 kali di Lombok, ribuan rumah hancur lebur, ratusan orang terluka mulai dari ringan hingg berat.

Setelah gempa berlalu dan Lombok masih dalam pemulihan, tepat beberapa hari yang lalu kita kembali mendapatkan sebuah masalah yang jauh lebih besar dan serius, yakni gempa bumi di kota Palu yang disusul dengan Tsunami, ratusan rumah tak lagi berbentuk dan bahkan nyaris rata seratanya dengan tanah, bukan hanya korban luka berat namun terdapat ratusan orang yang meninggal dunia.

Bukan hanya itu, masalah ini juga menimbulkan rentetan masalah lain yang bermunculan terutama kerugian secara ekonomi, ada ratusan bagunan yang baru selesai dibangun dan harus kembali di bangun dari awal, ada ratusan kegiatan yang dibatalkan, ada puluhan penerbangan dan ribuan penumpang yang tidak bisa diberangkatkan.

Dua masalah yang kemudian kita dapat menyebutnya sebagai tragedy yang bersifat umum atau besar yang dialami oleh lebih dari satu orang, maka sebagai individu kita juga mengalami masalah dalam berbagai macam bentuk, sebut saja terlilit hutang dalam jumlah yang beragam bisa satu juta atau hingga miliyar, mengidap penyakit yang langkah yang biaya pengobatannya melangit, hingga masalah keluarga.

Dalam berbagai bentuk masalah tersebut terkadang kita hadapi dengan cara yang salah, dalam kasus hutang sangat banyak kita cenderung menghindar, atau hanya mampu berfikir tanpa melakukan apapun, dan hanya meratapi, menangis ketika terjadi bencana alam.

Pernahkah berfikir kenapa berbagai macam masalah mendatangi kita secara pribadi atau bangsa, apakah terlintas dalam benak kita potensi-potensi yang akan selalu menjadi sumber masalah. Maka mengetahui sumber masalah atau bentuk masalah yang kita hadapi menjadi sangat penting agar kita mampu menyelesaikannya dengan langkah dan strategi sangat tepat. Sebagai apa atau apa tujuan dari masalah yang hadir dalam kehidupan.

Sangat penting untuk kita ketahui bersama bahwa setidaknya ada empat tujuan dari masalah yang menerebos ketengah kehidupan kita sehari.

Tujuan pertama merupakan ujian, Allah memberikan sebuah masalah sebagai sebuah bentuk cinta-Nya agar hambanya menjadi semakin kuat, untuk menyederhanakan yang dimaksud agar dapat lebih mudah dipahami adalah semakin tinggi sebuah pohon maka akan semakin kuat terpaan angin yang menghampiri, pohon yang tinggi biasanya memiliki akar yang sangat kuat menancap kedalam tanah dan selalu dapat bertahan dari hantaman angin yang sangat kuat. Maka harus selalu bersabar dalam setiap ujian, setiap kali kita dapat lulus dari ujian akan menjadikan pribadi kita semakin bijak dan cerdas.

Kedua adalah sebagai perlindungan atau pembersihan, misalnya anda adalah seorang pembisnis, anda berinvestasi kepada teman anda pada sebuah usaha yang dijalankannya, awal berjalannya bisnis tersebut anda selalu mendapatkan bagian anda sebagai investor secara sangat lancar, setelah cukup lama berjalan, anda melangsungkan pernikahan, tepat beberapa hari setelah pernikahan anda mengalami kerugian yang sangat luar biasa akibat teman bisnis anda melarikan diri dan membawa seluruh uang investasi sehingga anda bangkrut sebangkrutnya.

Mungkin dalam kondisi tersebut akan terlontar kata ‘apa salah saya?’ yang jika direnungkan mungkin ini adalah cara Allah untuk membersihkan kita dari penipuan dan riba, Allah menjaga kita.

Ketiga adalah pengampunan, mungkin saja masalah kesehatan yang kita hadapi adalah bentuk pengampunan yang Allah berikan, maka kita harus berdoa jika itu memang sebuah pengampunan, maka berikanah pengampunan yang sebesar-besarnya.

Terakhir atau keempat ialah hukuman, pendapat bahwa masalah sebagai hukuman adalah sebuah pemikiran yang sangat benar adanya terutama dalam setiap bencana alam yang bangsa ini alami, mulai dari banjir, gempa dan tsunami yang baru saja terjadi, mungkin saja Allah menghukum kita karena banyaknya dosa yang kita perbuat. Maka yang dapat kita lakukan adalah memohon kepada Allah agar dapat menunjukan kesalahan kita agar kita dapat segera bertaubat.

Keempat sebab masalah yang di turunkan kepada kita sangat penting kita ketahui dan pahami agar kita tidak larut dalam masalah dan segera mengambil langkah yang tepat untuk menyelesaikannya.


Post a Comment

0 Comments