Filosofi Manggarai

Pagi itu Nuret beserta keluarga dan pekerja lainnya sudah melakukan persiapan untuk berpindah dan menempati pemukiman baru.  Saat itu, sejak awal abad ke 17 Vandekort yang merupakan gubernur baru Batavia mengeluarkan kebijakan baru. Dia memprogramkan lokalisasi para pekerja dan  budak yang ada. Dengan tujuan untuk merapikan wilayah dan memudahkan pengklasifikasian dan pengenalan budak.

Nuret dan rekannya berasal dari sebuah kabupaten bernama Manggarai di Flores. Mereka menetap di wilayah tersebut bertahun-tahun lamanya. Wilayah yang mereka tinggali merupakan sebuah daerah yang termasuk Gementee  Mesteer Cornelis atau setingkat kotamadya. Sejak Nuret masih Muda hingga mempunyai cucu tetap menetap disana.

Lama-kelamaan Wilayah yang mereka tempati berkembang menjadi sebuah kampung. Hingga pada suatu saat perusahaan sebuah perusahaan kereta api negeri kincir angin  yakni SS menguasai semua perkereta apian memutuskan untuk menata ulang semua jalur kreta.

Langkah besar tersebut di representasikan dengan mendirikan stasiun manggarai sebagai pengganti stasiun bukit doeri yang di robohkan oleh SS.

Neuret juga menjadi saksi sebuah peristiwa bersejarah yang terjadi di stasiun manggarai. Pada suatu ketika saat Indonesia harus menandatangani perjanjian dengan Hindiaa Belanda. Ibukota Indonesia harus berpindah ke Yogjakarta.

Stasiun Manggarai menjadi saksi bisu sebuah perjalanan rahasia paling bersejarah. Saat itu sebuah kreta membawa presiden dan wakilnya beserta beberapa menteri menuju Yogjakarta untuk menjalankan pemerintahan sementara. Saat itu ada banyak gerbong kreta barang yang di letakan secara berjejer untuk menutupi jalur yang akan dilewati oleh kreta api pembawa orang penting republik Indonesia. Kreta itu bermanfaat sebagai pengabur pandangan semua orang.

Selama beratahun-tahun orang Manggarai ini branak-pinak.  Sejak saat itu hingga sekarang wilayah tersebut dikenal sebagai wilayah manggarai. Dan hingga kini stasiun bersejarah tersebut masih berdiri kokoh dan bertambah semakin mewah.

#historicalfiction

__________
Jangan lupa follow, comment, like, and share. Untuk mendukung blog ini tetap produktif

Post a Comment

6 Comments