Mengetahui Harga CPC (Cost Per Click) Google Adsense Pada Blog Kita.


"Clear on the tabel" atau kesepakatan yang jelas saat akan memulai semua jenis transaksi atau bisnis merupakan sebuah prinsip yang harus di implementasikan. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman dengan mitra dan potensi kerugian yang akan dialami. Tetapi semua hal tersebut berlaku pada jenis bisnis face to face atau bisnis secara langsung, dan tidak berlaku pada jenis jasa advertising seperti google AdSense.

Tarif yang akan di berlakukan oleh google AdSense terhadap blog atau situs yang kita miliki akan di lakukan secara sepihak. Biaya tersebut berdasarkan traffic situs kita, sehingga penting untuk mengetahui jumlah uang yang akan diterima. Tetapi kabar baiknya adalah standar pembayaran yang diberikan oleh Google Adsense akan terus meningkat seiring dengan membaiknya performa blog.

Secara umum biaya pembayaran AdSense berdasarkan metode CPC (cost per clik) atau dibayar setiap kali ada pengunjung yang mengklik iklan pada blog milik kita. Biaya tersebut harus anda ketahui, agar anda dapat memutuskan strategi yang lebih baik untuk meningkat atau mengoptimasi Adsense pada blog untuk mendapatkan harga yang lebih tinggi.

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara untuk mengetahui biaya CPC yang anda terima. Tidak hanya CPC tetapi juga berbagai metode lainnya akan kita bahas, seperti RPM iklan, RPM tayangan, permintaan iklan dan sebagainya. Dengan mengetahui biaya tersebut, anda akan akan semakin berpotensi untuk mendapatkan penghasiilan yang besar setelah mengoptimalkan Adsense anda.

Langkah awal kita harus lakukan adalah log in kedalam beranda atau dashboard akun Google Adsense yang dimiliki, jika belum mempunyai akun silahkan untuk membuatnya terlebih dahulu. Panduan untuk membuat akun Google Adsense silahkan membaca artikel "Cara mendaftar akun Google AdSense melalui dashboard blog".  Setelah masuk, maka anda akan melihat semua report yang ada secara general, lihat gambar berikut untuk tampilan jelas  dashboard.


Pada bagian kanan halaman dashboard, anda akan melihat resume laporan situs selama 7 hari terakhir. Pada bagian ini memuat nama situs pengiklan, jumlah penghasilan terakhir, standar biaya pembayaran berdasarkan kategori, dan jumlah klik iklan.

Nah kita akan mengetahui standar CPC dari fasilitas ini. Berikut adalah tampilan lengkap laporan situs yang ada di beranda.
pada laporan situs silahkan klik RPM tayangan dan ganti dengan CPC. Maka kita akan mengetahui berapakah harga pembayaran untuk setiap klik iklan pada blog.  Berikut tampilan selengkapnya.



setelah kita melakukan klik, tunggu sejenak sampai standarnya berubah. Maka akan terlihat seperti berikut.


Kita dapat mengganti dengan standar yang kita inginkan, agar penghasilan yang kita didapatkan dapat ditaksir.

Post a Comment

0 Comments