Mengatur Format Waktu Pada Blog

Sebagai seorang blogger pemula, kita cenderung belum begitu memahami banyak hal tentang bagaimana mengelola blog yang baik. Sebagai contoh kita dapat melakukan menejemen antrian artikel untuk di terbitkan secara otomatis dengan mengatur tanggal publikasi artikel.

Tetapi yang menjadi catatan penting kita harus mengetahui bagaimana mengatur format tanggal yang kita gunakan. Karena akan berpengaruh terhadap jadwal yang akan kita tentukan. Sebagai contoh kita hendak menerbitkan 3 artikel dalam satu hari dengan waktu yang kita rencanakan. Ketika kita telah melakukan posting dengan jadwal yang kita atur, justru tidak sesuai harapan karena format waktu yang digunakan salah.

Lebih lanjut kita menjadwalkan satu artikel untuk ditebirkan pada hari senin tanggal 3 dan pukul 13.00 waktu Indonesia, dan kita telah mengaturnya. Tetapi ketika waktu yang telah diatur artikel tidak kunjung terbit juga, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Ini disebabkan karena kita salah menggunakan format waktu untuk diterapkan pada blog kita.

Atau bisa jadi pengaturan tersebut tidak pernah kita lakukan, dengan kata lain merupakan blog default setting alias pengaturan bawaan blog. Bisa saja pengaturan yang kita gunakan pengaturan waktu Eropa atau bahkan Afrika. Dan hal tersebut bisa mengganggu banyak hal terutama bagi anda yang terikat kontrak dalam mempublikasikan tulisan yang menghasilkan uang.

Pelanggan kita bisa marah besar dikarenakan artikel tidak juga kunjung terbit pada waktu yang telah disepakati. Bagaimana? Sangat penting sekali untuk melakukan pengaturan ini bukan?

Sekarang mari kita melakukan antisipasi hal semacam itu lebih awal. Dan akan memberikan kenyaman dimasa mendatang jika mendapatkan project untuk melakukan publikasi artikel seseorang yang berbayar. Sehingga mereka akan datang kembali kepada kita dengan project yang lebih banyak dan mungkin besar.

Hal yang pertama kali harus kita lakukan tentu saja melakukan log in ke dalam dashboard blog. Setelah itu klik menu setelan, klik bahasa dan pemformatan. Maka kita akan masuk kedalam halaman pengaturan bahasa dan waktu. Seperti gambar berikut.


Setelah masuk, silahkan klik pengaturan zona waktu. Pada fasilitas inilah kita melakukan pengaturan waktu yang akan diterapkan pada blog kita sesuai sasaran yang kita tuju. Dalam konteks kali ini target kita adalah Indonesia. Maka kita harus mengubahnya kedalam zona waktu Indonesia atau (GMT+07.00) Jakarta. Seperti gambar berikut.


Pengaturan selesai dilakukan. Untuk mengimplementasikan pengaturan yang kita buat, hanya perlu melakukan klik simpan setelan pada pojok kanan atas halaman. Setelah selesai, pengaturan secara resmi diterapkan pada blog.

Jika kita menggunakan zona waktu yang bebeda sebelumnya. Maka ketika melihat pada halaman postingan pada dashboard, kita akan mendapati banyak sekali artikel yang kita terbitkan tanggalnya berubah. Seperti berikut.


Dan tentu saja ini menjadi pekerjaan rumah untuk kita. Agar segera merapikan tanggal terbit setiap artikel yang tidak sesuai dengan melakukan edit kembali setiap tulisan. Hingga menjadi berurut kembali sesuai dengan jadwal yang telah diatur. Maka hasilnya akan seperti berikut.


Demikian artikel kali ini, semoga dapat membantu kita dalam melakukan pengelolaan blog yang lebih baik.

Jangan lupa untuk follow, comment, share and like. Untuk menberikan dukungan agar blog ini tetap peroduktif dan menjadi lebih bermanfaat bagi kita semua. Khususnya para blogger pemula seperti saya.

Post a Comment

4 Comments

  1. Bermanfaat. Terimakasih sharingnya.

    ReplyDelete
  2. Awal-awal ngodop juga blog aku zona waktunya masih salah dan ga sadar, jadi postinnnya keliatan tepat waktu padahal sebenarnya telat 😅

    ReplyDelete