Mengantisipasi Bounce Rate Untuk Meningkatkan Traffic Web dan Blog.


Website traffic atau kepadatan kunjungan pada sebuah situs website yang kita miliki merupakan hal yang sangat penting. Baik website custom atau sub domain seperti Wordpress.com dan Blogspot.com. Mengapa sangat penting?

Setidaknya ada beberapa alasan. Yang pertama adalah untuk membangun citra perusahaan atau memperkenalkan lembaga secara luas. Kedua adalah memastikan bahwah konten yang ada pada situs kita dapat dinikmati dan bermanfaat bagi orang lain. Terakhir yakni untuk menambah pundi-pundi uang yang kita dapatkan dari situs tersebut. 

Ketiga alasan tersebut bisa tercapai jika ada banyak user atau pengguna internet yang mengunjungi website kita. Mengunjungi saja? Tentu saja bukan hanya mengunjungi sebentar lalu segera pergi. Biasanya hal tersebut disebabkan para user tidak mengerti dengan apa yang kita tulis.

Diatas saya sudah sedikit menyinggung tentang pola user dalam mengunjungi sebuah situs, yakni datang dengan waktu yang sangat singkat lalu meninggalkan website kita. Kita anggap saja mereka tidak berkunjung lebih dari 10 detik, atau bahkan kurang dari 3 detik saja. Sangat mengerikan, bukan?

Pola kunjungan seperti itu disebut Bounching Rate atau Rasoi Pentalan. Dimana salah satu penyebabnya adalah ketidakfahaman user dengan apa yang kita tulis, terutama bahasa yang digunakan. Tentu saja ada banyak alasan lainnya, seperti loading speed (kecepatan website kita dalam menampilkan isi situs).

bouncing rate, tip
picture by: infovn

Pada artikel ini kita akan fokus pada masalah ketidakfahaman bahasa yang digunakan pada website. Sebenarnya ini juga tidak terlalu bermasalah bagi Anda, jika target user atau pengunjung situs yang dibidik adalah orang lokal. Dan tambahan pengunjung global merupakan bonus bagi Anda.

Tetapi tentu saja akan lebih menguntungkan jika membuat situs menjadi global. Sehingga dapat diakses tanpa batasan dan dimengerti oleh semua orang. Solusi yang paling masuk akal adalah membuat website anda menjadi bilingual atau lebih, misalnya Inggris, Arab, dan Perancis.

Bagaimana caranya? Setidaknya ada dua cara untuk melakukannya. Yang pertama adalah membuat artikel website menjadi dua versi bahasa. Bahasa asli dan bahasa asing yang ditarget. Tentu saja akan menambah pekerjaan anda dan yang paling penting adalah mengerti dengan baik bahasa yang ditarget.

Maka selanjutnya adalah menyediakan fasilitas untuk menswitch atau mengganti artikel.  Dalam hal ini kita sedikit membutuhkan kemampuan bahasa pemrograman untuk menerepkannya. Atau jika anda mempunyai cukup dana bisa meminta bantuan orang yang mampu melakukannya.

Berikut adalah contoh kode pemrograman sederhana untuk menswitch artikel. Bahasa yang digunakan adalah PHP.

Indonesian.php:

<?php
$home = "Menu Utama";
$faq = "Pertanyaan dan Jawaban";
$tes = "Tes Bahasa Indonesia";
?>

English.php:

<?php
$home = "Home";
$faq = "FAQ";
$tes = "Indonesian Test";
?>

Php.php:


<?php
session_start();
$_SESSION['lang'] = NULL;
?>
<script language="JavaScript" type="text/JavaScript">
<!--
function MM_jumpMenu(targ,selObj,restore){ //v3.0
eval(targ+".location='"+selObj.options[selObj.selectedIndex].value+"'");
if (restore) selObj.selectedIndex=0;
}
//-->
</script>

<form name="form1" method="post" action="?lang=">

Ganti Bahasa :
<select name="menu1" onChange="MM_jumpMenu('parent',this,0)">

<?php
if(($_GET['lang'] == "indonesian") || (empty($_GET['lang']))) {
?>

<option value="?lang=indonesian" selected>Indonesian</option>
<option value="?lang=english">English</option>

<?php
} else {
?>

<option value="?lang=indonesian">Indonesian</option>
<option value="?lang=english" selected>English</option>

<?php
} // end else
?>

</select>
</form>

<p>
<?php
if($_GET['lang'] == "english") {
$a = include "language/english.php";
}
else if ($_GET['lang'] == "indonesian") {
$a = include "language/indonesian.php";
}
else {
$a = include "language/indonesian.php";
}
print "$_SESSION[lang] $home<br>$faq<br>$tes";
?>


Cara kedua adalah dengan memasang plugin. Ada banyak plugin di Wordpress.com gratis dan berbayar. Salah satu plugin yang geratis dan cukup mudah di pakai adalah Google Translate. Namun tentunya dengan segala kekurangannya.

Untuk cara memasang plugin Google Translate akan kita bahas pada artikel selanjutnya ya.

Post a Comment

0 Comments