Sang Pembawa Cahaya Peradaban.


Sepanjang perjalanan kehidupan manusia terus-menerus bergelut dengan berbagai permasalahan. Permasalahan yang sangat bervariatif, bentuknya sendiri mengikuti segala  perkembangan peradaban manusia itu sendiri. Baik muncul karena effek dari semakin kompleksnya kehidupan sosial itu sendiri, misalnya saja permasalahan limbah dari berbagai aktivitas sehari-hari, kebutuhan hidup, atau rumitnya tata ruang kebutuhan pemukiman yang sehat.

Atau dari misi kepentingan manusia itu sendiri, sehingga mereka menciptakan masalah untuk mencapai tujuan mereka. Misalnya saja kepentingan suatu Negara dalam menjaga dan meningkatkan stabilitas industri senjata mereka agar terus berkembang, maka perang harus terus diciptakan serta terus dijaga keberadaannya. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari alasan membantu membasmi teroris disebuah Negara lainnya, yang mungkin saja buatan mereka sendiri.

Hal tersebut merupakan salah satu contoh dari berbagai permasalahan yang hadir di kehidupan modern saat ini. Dalam setiap kasus tersebut akan selalu muncul sosok pembawa solusi, baik itu pribadi dan Negara. Misalnya saja, ide bank sampah yang luar biasa brilian di saat produksi sampah semakin tidak terkendali.

dok. tribunews

Namun orang-orang yang muncul sebagai pahlawan tersebut merupakan salah satu buntut dari produk peradaban yang telah menerima cahaya atas kegelapannya. Cahaya yang merubah peradaban dalam segala. Bahkan menjadi dasar kajian yang menghasilkan berbagai solusi kemudahan dalam kehidupan manusia dari masa ke masa. Cahaya yang mengandung tanda-tanda akan segala hal dalam berbagai elemen kehidupan.

Baik hal-hal yang masuk akal atau yang tidak pernah terbayangkan oleh manusia. Cahaya yang kita sebut sebagai wahyu. Disampaikan oleh sang maha pencipta lewat malaikat-Nya kepada ciptaannya yang kemudian kita kenal sebagai Rosul, yang dipilih dari jutaan ciptaannya. Kepada Rosul dibebankan atas dirinya kewajiban untuk menyebarkan wahyu tersebut. 

Meskipun yang disampaikan Rosul kepada khalayak ummat manusia merupakan kebenaran dan seruan dari Allah, tuhan sang pencipta segala hal di jagat raya. Tetap saja mendapat penolakan dari manusia yang hidup dimana saat wahyu di sebarkan. Bahkan dari golongan atau suku serta orang-orang terdekat Rosul sendiri.

#rwc
#catatanramadhan

Post a Comment

0 Comments