Seperti apa sahabat itu?


Seperti apa sahabat itu? Adalah sebuah pertanyaan yang cukup sering muncul pada seseorang. Wajar saja, karna sahabat itu sebenarnya tidak pernah terdeklarasikan. Atau dinyatakan dalam keadaan sadar sepenuhnya.

Ada satu kalimat lagi yang hampir sangat serupa secara makna. Teman dekat. Antara keduanya, sahabat dan teman dekat dapat diartikan secara harfiah adalah sesorang lainnya yang menjalin hubungan komunikasi lebih intim dari pada yang lainnya.

thestatesman.com

Lebih intim? Maksdnya lebih dekat dan bersifat personal. Biasanya mereka akan saling bercerita berbagai kendala atau masalah yang dihadapinya kepada seseorang tersebut saja dan tidak kepada yang lainnya. 

Penggunaan kata sahabat sendiri lebih cenderung muncul pada kalangan perempuan. Sedangkan laki-laki lebih sering menggunakan istilah teman dekat. Serta komunikasi yang bersifat lebih intim tersebut biasanya terjadi pada perempuan.

Selain itu berbagi masalah dalam arti bercerita, agar dapat mengurangi beban yang sedang di hadapi merupakan tipe perempuan. Hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan laki-laki, meskipun tetap ada sebagian yang juga suka bercerita tentang masalah yang mereka hadapi.

Selanjutnya bagaimana dengan waktu dan jaraknya? Apakah sahabat berlangsung dalam waktu tertentu. Biasanya kita akan dekat kepada seorang teman yang kemudian kita sebut sebagai sahabat atau teman dekat, seiring dengan tingginya intensitas komunikasi dan pertemuan. Dan akan berkurang jika dalam keadaan berjauhan.

Sedangkan sahabat, mereka akan terus berkomunikasi baik dalam jarak jauh, dan sedikitnya waktu berkomunikasi, serta tetap saja masih bersifat intim. Apakah persahabatan hanya terjadi pada sesama jenis. Kebanyak memang terjadi seperti itu, namun terdapat banyak juga sahabat di antara perempuan dan laki-laki.

Dan terakhir adalah umumnya persahabatan adalah pengakuan sepihak. Meskipun pihak lainnya tidak pernah berucap mengaku sahabat, tetapi pola komunikasi mereka mencerminkannya. Persahabatan dan teman dekat merupakan suatu efek dari komunikasi yang berjalan secara alamiah. 

#rwc
#catatanramadhan2019

Post a Comment

0 Comments